Minggu, 10 September 2017

Tak Mahal, Berikut Besar Biaya Ganti Oli Mobil Avanza

Biaya Ganti Oli Mobil Avanza - Melakukan servis secara periodik adalah kewajiban para pemilik kendaraan termasuk Avanza. Tujuannya untuk menjamin performa kendaraan tetap berada dalam kondisi prima. Sebagai pemilik, kita harus tahu dengan pasti berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk servis ini. Misalnya saja penggantian oli yang harus dilakukan secara berkala agar bagian-bagian mesin tetap bisa bekerja dengan baik. Biaya ganti oli mobil Avanza ini sebesar Rp.395 ribu, belum termasuk biaya untuk jasa.

Biaya Ganti Oli Mobil Avanza,biaya servis avanza,biaya service,mobil avanza,bengkel resmi,servis mobil toyota,oli mobil xenia,servis avanza,service mobil xenia,biaya ganti oli,biaya tune up,
Baca juga : Biaya HGB ke SHM Beserta Contoh Perhitungan

Biaya itu terdiri dari Rp.80 ribu x 4 botol oli non sintetik = Rp.320 ribu dan filter oli Rp.75 ribu. Itu belum termasuk biaya untuk jasa bengkel. Sementara biaya ganti oli mobil Avanza bila pemilik memilih jenis oli sintetik akan lebih mahal sebab harga per botolnya mencapai Rp.130 ribu atau Rp.520 ribu untuk 4 botol. Menurut aturan, servis berkala mobil Avanza dilakukan setiap 10.000 km. Sementara penggantian oli dilakukan setiap 3.000 km. Dan tak hanya melakukan penggantian oli saja, pemilik kendaraan pun harus melakukan spooring dengan biya Rp.150 ribu dan balancing Rp.25 ribu/ban.

Setiap pemilik harus tahu tips merawat mobil Avanza sehingga performa tetap terjaga dan tak terjadi gangguan saat digunakan di jalan. Berikut beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan :

1. Mengganti secara berkala oli mesin.
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, oli mesin sangat penting fungsinya untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin agar tak cepat aus. Bila viskositas atau kekentalan oli menurun maka fungsinya akan jauh menurun sebab menjadi lebih encer. Biaya ganti oli mobil Avanza akan jauh lebih murah daripada harus mengganti beberapa komponen yang aus karena telat menggantinya secara berkala.

2. Mengganti ban
Seiring dengan waktu penggunaan, ban pun sedikit demi sedikit akan terkikis alurnya dan akhirnya menjadi halus. Bila kondisi tersebut terjadi, akan sangat membahayakan jika memaksakan diri menjalankan kendaraan sebab beresiko terjadi selip dan susah dikendalikan. Penggantian ban dilakukan setiap 50 ribu km atau bila alur ban sudah menipis. Paling lambat penggantian ban harus dilakukan pada 80 ribu km. Sebelum melaju, cek tekanan angin dari keempat ban sehingga tetap aman dan tak cepat aus.

3. Cek cairan radiator
Para pemilik Avanza disarankan memeriksa level cairan radiator sehingga tak akan menimbulkan panas berlebih saat volumenya kurang di bawah tingkatan Low. Isikan cairan saat mesin dalam kondisi dingin sehingga tekanannya sudah turun.

4. Cek kondisi aki
Harus diambil langkah perbaikan bila dijumpai terminal karatan, sambungan yang kendor, kabel retak atau klem longgar. Aki mempunyai peran vital sebagai pensuplai kelistrikan misalnya saat menghidupkan mesin dan beberapa perangkat dengan kebutuhan tenaga listrik.

5. Lakukan spooring dan balancing rutin
Jangan hanya dilakukan saat menemui masalah, namun lakukan spooring dan balancing secara berkala untuk menjaga laju kendaraan tetap normal dan nyaman bagi pengendara dan penumpang.