Cek Biaya ke Pulau Bawean, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Biaya ke Pulau Bawean - Bawean merupakan sebuah pulau yang mempunyai seabrek kekayaan wisata. Dimulai dari wisata pegunungan, air terjun, pantai pasir putih, danau hingga air panas bisa dinikmati para wisatawan. Posisi pulau Bawean pun boleh dikatakan strategis sebab dengan kota Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur. Biaya ke pulau Bawean pun boleh dibilang cukup terjangkau untuk kebanyakan wisatawan. Wilayah dengan julukan Pulau Putri ini sendiri berada di bawah wilayah administratif Kabupaten Gresik.

Biaya ke Pulau Bawean,penginapan di pulau bawean,transportasi ke pulau bawean,jadwal kapal bawean,kapal bawean,trip ke pulau bawean,wisata pulau bawean,pesona pulau bawean,paket wisata,pulau bawean,
Baca juga : Cek Berapa Biaya RTGS BCA Terbaru di Sini

Untuk ke sana bisa dilakukan dari pelabuhan Gresik atau pelabuhan Paciran lamongan sebagai titik awal penyeberangan. Disediakan 3 pilihan kapal penyeberangan yaitu kapal cepat Bahari Express yang dikelola pihak swasta, kapal Natuna Express juga dimiliki swasta dan ketiga adalah KMP ASDP Gili Iyang. Kapal Motor Penumpang (KMP) Gili Iyang merupakan kapal tipe ro-ro (roll on roll off atau pulang balik) yang tak hanya mengangkut penumpang namun juga barang-barang termasuk motor dan mobil. KMP Gili Iyang berangkat dari Pelabuhan Gresik cuma sepekan sekali yakni hari Jumat jam 9 malam. Biaya ke pulau Bawean untuk tiket penyeberangan penumpang seharga Rp.76 ribu untuk dewasa, Rp.59 ribu untuk anak-anak, sementara untuk penumpang+motor sebesar Rp.95 ribu. Sementara jika menyeberang dari pelabuhan Paciran Lamongan jadwalnya setiap hari Rabu juga jam 9 malam. Tiket kapal penyeberangan dapat dibeli mulai jam 11.00 hingga 15.00 mulai Rabu hingga Jumat. Lama perjalanan ke pulau Bawean dari pelabuhan Gresik menumpang Gili Iyang sekitar 7 jam.

Sementara jika menggunakan kapal Bahari Express keberangkatannya ke Bawean bisa lebih sering yaitu hari Selasa, Kamis dan Minggu pada jam 9 pagi. Biaya ke pulau Bawean untuk menumpang kapal Bahari Express sebesar Rp.146.000 untuk kelas eksekutif dan Rp.16.2500 untuk kelas VIP. Tiket bisa dibeli di  Kantor Bahari Ekspress Cabang Gresik di jalan Pahlawan 36 Gresik dengan nomor telepon 031-3983600. Perjalanan menyeberang ke pulau Bawean menggunakan kapal Bahari Express akan lebih cepat dari KMP Gili Iyang yaitu hanya butuh 3 hingga 4 jam saja.

Menyeberang ke pulau Bawean menggunakan Natuna Express biayanya hampir sama dengan Bahari Express. Kapal Natuna Express meninggalkan pelabuhan Gresik setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu setiap jam 9 pagi. Harga tiket penyeberangan sebagai biaya ke pulau Bawean untuk kelas eksekutif seharga Rp.146.500/penumpang dan kelas VIP sebesar Rp.162.500/penumpang. Untuk membeli tiket kapal penyeberangan Natuna Express para wisatawan bisa mendatangi Kantor Natuna Ekspres Gresik di jalan Panglima Sudirman 177 Gresik dengan nomor telepon 031-3976444. Perjalanan menyeberang ke pulau Bawean dengan Natuna Express pun hanya perlu 3-4 jam saja.