Sabtu, 05 Agustus 2017

Komponen-komponen STPI Curug Biaya Total

STPI Curug Biaya Total - Dari tahun 2015 pemerintah sudah tak lagi mensubsidi murid di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Itu berarti STPI Curug biaya yang harus ditanggung para siswa akan membengkak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sekarang ini STPI masih dalam proses untuk mendapatkan status Badan Layanan Umum (BLU). Bila telah mengantongi status BLU maka para siswa berprestasi dimungkinkan bisa diberikan beasiswa atau malah siswa yang tak mampu bisa digratiskan.

STPI Curug Biaya,biaya stpi curug,stpi curug pendaftaran,persyaratan stpi curug,jurusan stpi curug,stpi curug,pendaftaran stpi curug,biaya stpi,biaya kuliah di stpi,
Baca juga : Biaya Tambah Daya Listrik dari 900 ke 1300 VA

STPI Curug menawarkan 2 program studi untuk calon pilot yaitu Program Studi Penerbang Sayap Tetap dan Program Studi Penerbang Sayap Putar. Program Diploma Penerbang Sayap Putar mendidik siswa memiliki kemampuan menerbangkan helikopter. Bila dilihat dari jumlahnya, STPI Curug biaya untuk penerbang helikopter (rotary wing) lebih tinggi ketimbang penerbang pesawat sayap tetap (fixed wing). Alasannya berkaitan dengan ongkos pengoperasian helikopter yang lebih mahal.

Biaya STPI Curug akumulasinya dihitung dari pendaftaran hingga lulus. Mengacu pada PP No.11 Tahun 2015 mengenai Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Perhubungan. Di Peraturan Pemerintah No 11 itu komponen biaya pendidikan untuk calon pilot terdiri dari biaya pendaftaran, biaya Seleksi Penerimaan Calon Taruna, Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (Akademis), Biaya Penunjang Pendidikan dan Pelatihan (Non Akademis), Biaya Terbang (praktek), biaya Ujian Sertifikasi, biaya Penerbitan Sertifikasi, Ijazah dan biaya wisuda.

Biaya sampai lulus untuk pilot helikopter di STPI Curug ini sebanyak Rp 610.240.000. Sementara biaya keseluruhan hingga wisuda untuk pilot pesawat sayap tetap sebesar Rp 493.550.000. Kemudian mengenai lamanya pendidikan akan memakan waktu selama 2 tahun. Dua tahun tersebut para siswa harus menempuh 4 semester yang total SKS sebanyak 81. SKS tersebut dibagi untuk teori sebanyak 62 SKS dan praktek sebanyak 19 SKS. Di dalam pendidikannya setiap siswa bisa memanfaatkan Fasilitas Pendidikan Penerbang yang terdiri dari : Flight Simulator Single Engine TB-10, Flight Simulator Multi Engine B-58, Flight Simulator Helicopter Bell 206, Computer Base Training dan Pesawat Latih.

Berikut komponen STPI Curug biaya pendidikan dari tahap pendaftaran hingga pendidikan per semester :

Pendidikan penerbang sayap tetap :


Pendidikan penerbang sayap putar :