Cek Berapa Biaya RTGS BCA Terbaru di Sini

Biaya RTGS BCA - Mengirim uang antar rekening bank berbeda biasa dilakukan dengan mekanisme transfer. Bank Indonesia memberikan dua pilihan untuk tujuan itu yaitu lewat kliring dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Sistem kliring adalah proses penyelesaian transaksi antr bank baik itu berupa alat pembayaran cek, Bilyet Giro, nota debet lainnya ataupun transfer kredit antar bank. RTGS merupakan proses transfer uang secara elektronik dimana penyelesaian tiap transaksi yang terjadi berlangsung seketika.

Biaya RTGS BCA,biaya transfer antar bank bca,transfer llg bca ke bri,biaya transfer,llg bca ke mandiri,transfer sesama bca,transfer bca ke bca,transfer bca ke bank lain via atm,transfer antar bank,
Baca juga : Biaya Sunat Smart Klamp Tanpa Jahit dan Perban

Sejak 15 Desember 2014 otoritas keuangan Bank Indonesia mengeluarkan aturan baru yang melarang pengiriman uang dengan nilai kurang dari Rp.100 juta memanfaatkan layanan RTGS namun wajib menggunakan layanan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Akibatnya transfer uang dengan jumlah kecil menjadi tak bisa langsung diterima bank tujuan sebab proses kliring di BI berlangsung tiap dua jam setiap harinya yaitu jam 10, 12, 14, dan 16. Sementara bila pengiriman uang di atas jam 4 sore, dana baru akan diproses keesokan harinya. Namun begitu nasabah tetap diberikan pilihan lain mentransfer uang bernominal kecil selain melalui mesin ATM yaitu internet banking.

Kendati maksimal uang yang bisa dikirim dibatasi tiap harinya, namun dana tersebut dapat diterima rekening tujuan seketika kendati lain bank. Untuk biaya pun minim, seperti pengiriman uang lewat internet banking BCA ke rekening tujuan lain bank hanya dikenakan biaya Rp.5000 saja. Biaya mengirim uang melalui internet banking jauh lebih irit daripada menggunakan mekanisme kliring atau RTGS. Biaya RTGS BCA sendiri ada beberapa ketentuan. Bagi nasabah BCA, untuk biaya RTGS keluar (mengirim dana dengan RTGS) sebesar Rp.35.000/transaksi sementara biaya RTGS masuk (menerima dana dengan mekanisme RTGS) juga dikenakan biaya bagi sebesar Rp.10.000/transaksi. Untuk pembatalan pengiriman uang lewat RTGS akan dikenakan biaya Rp.10.000. Biaya RTGS BCA akan lebih mahal untuk pengguna yang bukan sebagai nasabah bank BCA. Untuk RTGS keluar akan dikenakan biaya Rp.50.000/transaksi, biaya RTGS masuk juga dikenakan biaya Rp.50.000/transaksi dan pembatalan transaksi RTGS akan dibebankan biaya Rp.10.000.

Tenggat waktu layanan di cabang bank BCA untuk mengirim uang ke bank lain dalam negeri lewat RTGS akan ditutup sampai jam 3 sore WIB. Dan mulai 16 November 2015, jumlah minimal transaksi RTGS di bank BCA yaitu sebesar Rp 500 juta. Dengan mengetahui biaya RTGS BCA maka diharapkan nasabah yang hendak melakukan pengiriman uang ke rekening di bank lain akan lebih memilih menggunakan mekanisme kliring saja dengan biaya yang sangat murah.