Langkah Cek Biaya Ongkir Pos Indonesia

Biaya Ongkir Pos Indonesia - Saat masyarakat ingin mengirimkan sebuah paket barang, saat ini ada banyak layanan pengiriman yang bisa dipilih. Setiap layanan kurir tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Kali ini kita akan membahas mengenai layanan dari PT Pos Indonesia yang notabene adalah perusahaan milik negara (BUMN). Pos Indonesia bisa dipilih sebagai penyedia layanan hantaran paket yang cukup profesional dan tarif bersaing. Semakin maraknya aktifitas jual beli online membuat permintaan akan layanan PT Pos Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu.

Biaya Ongkir Pos,ongkir pos biasa,pos lacak,tarif tiki,cek ongkir pos,tarif pos indonesia,ongkir wahana,cek ongkir jne,ongkir jne,biaya ongkir,info biaya,biaya terbaru,
Baca juga : Info Biaya Kursus Make Up Martha Tilaar

PT Pos Indonesia pun selalu berusaha meningkatkan kualitas layanannya mulai dari proses collecting, processing dan transporting telah disiapkan sesuai dengan prosedur baku yang sudah ditetapkan. Dalam proses pengiriman, seluruh moda transportasi pun dikerahkan oleh Pos Indonesia. Untuk rute darat, seluruh armada yang dimiliki Pos Indonesia dikerahkan untuk mengirim seluruh paket pelanggan, dan diperkuat juga dengan armada pihak ketiga yang bekerjasama dengan PT Pos. Begitupun untuk moda transportasi udara, Pos Indonesia sudah lama menjalin kerjasama dengan Garuda Indonesia, Citylink, Sriwijaya Air dan Lion Air terutama dalam pengiriman paket ke luar pulau Jawa. Begitu pun untuk moda transportasi laut, sudah tersedia dengan baik.

Dan mengenai tarif, kini masyarakat bisa mengecek lebih dulu berapa biaya yang harus ditanggung pengirim atas paket yang dikirimkan. Cara untuk mengecek biaya ongkir pos sudah disediakan oleh PT Pos Indonesia lewat layanan online di website http://www.posindonesia.co.id/tarif/. Di sini konsumen tinggal mengisikan kolom-kolom yang disediakan. Yang harus diisi yaitu "Asal" barang bisa dimasukkan alamat Kelurahan/Desa, atau Kecamatan atau Kabupaten/Kotamadya atau hanya mengetikkan Kode Pos. Kolom berikutnya adalah "Tujuan" yang juga diisi alamat Kelurahan/Desa, atau Kecamatan atau Kabupaten/Kotamadya atau hanya mengetikkan Kode Pos dimana paket tersebut akan dikirim.

Selanjutnya adalah mengisi kolom "Berat Kiriman" dalam satuan gram (1 kg = 1.000 gram). Untuk kolom "Dimensi Kiriman" boleh diisi dan boleh juga dikosongkan. Jika diisi maka ketikkan panjang x lebar x tinggi dalam satuan cm. Jika barang yang dikirimkan termasuk paket berharga misalnya alat-alat elektronik, silahkan diisi pada kolom "Nilai barang" dalam satuan Rupiah. Dan terakhir adalah mengisikan Kode Keamanan (kode captcha) berupa kombinasi angka dan huruf persis seperti yang tertera di layar. Langkah terakhir dari cara cek biaya ongkir pos, klik pada tombol "Cari Tarif".

Berikut akan diberikan contoh cara cek biaya ongkir pos dari sebuah paket dengan berat 1 kg yang akan dikirim dari KEL. MLATIHARJO KEC. SEMARANG TIMUR, KOTA SEMARANG - 50121 menuju ke Jakarta Utara (KEL. RAWA BADAK UTARA KEC. KOJA, KOTA ADM. JAKARTA UTARA - 14230). Setelah kolom-kolom diisi dan klik pada tombol Cari Tarif maka akan tertera hasil sebagai berikut. Untuk layanan SURAT KILAT KHUSUS dengan estimasi waktu sampai antara 2-4 hari tarifnya sebesar Rp.15,500. Sedangkan untuk layanan EXPRESS NEXT DAY dengan estimasi waktu sampai hanya 1 hari tarifnya sebesar Rp.21,500.