Ketahui Macam Biaya Kartu Kredit BCA

Biaya Kartu Kredit BCA - Kartu kredit dikeluarkan memang untuk memudahkan penggunanya saat melakukan transaksi tanpa perlu menyediakan uang cash. Makin banyak masyarakat yang memakai kartu kredit juga disebabkan makin banyaknya promo menarik dari diskon sampai bonus atas produk atau service yang dibelinya. Bank BCA adalah salah satu bank penerbit yang gencar menawarkan berbagai jenis kartu kredit kepada para nasabahnya.

Biaya Kartu Kredit BCA,jenis kartu kredit,bunga cicilan,kartu kredit,cara tarik tunai,kartu kredit bca,keuntungan kartu kredit,limit kartu kredit,bca everyday,kegunaan kartu kredit,info biaya,
Baca juga : Biaya Transfer BNI ke Mandiri

Banyak benefit bisa diperoleh para pemegang kartu kredit bank BCA. Namun mereka pun harus sadar bahwa ada biaya kartu kredit BCA yang harus dibayarkan baik bulanan maupun tahunan. Beberapa biaya kartu kredit BCA akan dijelaskan secara singkat berikut ini sehingga para pemegang akan lebih aware dengan kartu plastik yang mereka pegang.

Biaya kartu kredit BCA pertama adalah biaya tahunan. Biaya ini akan dimasukkan di tagihan pertama kali yang harus dibayar saat pemegang sudah setahun memiliki kartu kredit. Biaya tahunan kartu kredit BCA akan berbeda-beda tergantung dari jenis kartu kredit misalnya kartu kredit classic, gold atau platinum. Biaya kartu kredit BCA selanjutnya adalah biaya materai yang akan dikenakan ketika limit penggunaan kartu kredit tercapai. Besarnya Rp.3 ribu atau Rp.6 ribu didasarkan pada jumlah tagihan yang diminta bank.

Biaya keterlambatan dibebankan bila pemegang telat membayar tagihan melebihi batas waktu yang ditentukan. Umumnya sebesar 3 persen dari jumlah tagihan. Ketika pemegang berbelanja suatu barang dan dibayar dengan kartu kredit maka pihak bank akan membebankan bunga. Besarnya biaya bunga kartu kredit sendiri sudah ditentukan Bank Indonesia namun dapat berubah disesuaikan dengan aturan terbaru yang diterbitkan. Tingkat bunga maksimal misalnya sebesar 2,95 persen/bulan atau 35,40 persen/tahun.

Jika penggunaan kartu kredit BCA ternyata melampaui limit maka pemegang akan dikenai denda. Kemudian biaya kartu kredit BCA pun dipungut saat pemegang melakukan penarikan tunai. Tambahan biaya ini berupa bunga yang besarnya dari 3 % hingga 6 % dari total uang tunai yang ditarik. Kemudian saat pengguna berjalan-jalan ke luar negeri maka saat digunakan di sana akan ada biaya konversi mata uang asing. Pemegang kartu kredit BCA yang terlambat membayar tagihan bulanan maka akan dipungut biaya denda sebesar 3% dari jumlah tagihan.

Biaya kartu kredit BCA termasuk juga salinan tagihan berbentuk cetakan kertas dengan besar mulai Rp.5 ribu hingga Rp.35 ribu per bulan tergantung jenis kartu kredit yang dimiliki. Agar tak terkena biaya ini, pemegang kartu kredit bisa meminta salinan tagihan dikirim lewat email saja. Selanjutnya saat kartu kredit BCA karena suatu sebab rusak atau hilang maka pemegang pun harus menanggung biaya penggantian kartu baru.

Biaya juga akan dibebankan jika pemegang melunasi transaksi cicilan sebelum jangka waktu cicilan berakhir. Besarnya berkisar Rp.200 ribu sampai Rp.250 ribu. Terakhir, biaya kartu kredit BCA akan dipungut sebesar Rp.25 ribu bila pemegang membayar tagihan kartu kredit menggunakan cek/giro yang mesti diproses lewat kliring.