Membandingkan Biaya Cat Mobil Lecet di Bengkel Resmi dan Pinggir Jalan

Biaya Cat Mobil Lecet - Sejumlah pemilik mobil pastinya akan kesal ketika kendaraan mereka tergores di bagian bodi apakah itu karena kecelakaan atau sebab lain. Masalah  itu bisa diatasi dengan membawa mobil ke bengkel cat. Masalahnya biaya cat mobil lecet di bengkel resmi biasanya cukup mahal. Alternatifnya adalah jasa cat duco di tepi jalan yang menawarkan biaya lebih miring.

biaya cat mobil,biaya cat mobil baret,biaya cat mobil lecet,biaya mengecat mobil,biaya ngecat mobil yang tergores,cat duco mobil,cat mobil di auto 2000,cat mobil per panel,harga cat duco mobil,
Baca juga : Cek Biaya Admin Bank BRI Tabungan dan Pinjaman

Bengkel cat duco kelas kaki lima ini di Jakarta sering dijumpai di ruas jalan Salemba hingga Kramat dan daerah Rawa Mangun. Jasa cat duco pinggir jalan ini selain murah juga menawarkan waktu perbaikan yang singkat. Sebagai perbandingan, biaya cat mobil lecet untuk satu titik di Auto2000 dikenakan ongkos Rp.544,5 ribu dan bila satu panel akan dikenakan harga Rp.774,4 ribu. Sementara jika dilakukan di pinggir jalan untuk satu titik hanya disuruh membayar Rp.300 ribu atau bila satu panel biayanya Rp.700 ribu.

Kecuali membuka jasa cat mobil, bengkel pinggir jalan ini pun menawarkan jasa perbaikan bodi mobil yang penyok. Perbaikan bodi penyok ini biasanya memakai las vakum dan diketok. Ongkos yang dikenakan sebesar Rp.700 ribu sudah komplit dengan pengecatan sekalian. Sementara pengecatan mobil untuk seluruh bodi mobil dipatok harga Rp.3,5 juta hingga Rp.4 juta. Merek cat duco yang digunakan pun tak sembarangan, namun memakai merek kenamaan antara lain Danagloss,  Nippon Paint atau Autobright. Pengecatan seluruh bodi biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Prosedur pengecatan bila hanya satu titik lecet semisal di pojok bumper mobil seringnya membutuhkan waktu sejam. Sementara pengerjaan satu panel diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Tak hanya kendaraan roda empat, jasa cat duco pinggir jalan pun menerima konsumen kendaraan roda dua yang hendak mengecat motornya. Untuk biaya pengecatan satu panel motor ditarik ongkos sekitar Rp.150 ribu hingga Rp.200 ribu nego.

Mobil yang catnya tergores tak selalu harus dibawa ke tukang cat duco. Pada kejadian lecet ringan sebenarnya pemilik masih bisa menanganinya sendiri. Salah satunya menggunakan touch-up paint dengan warna sesuai dengan warna mobil. Touch-up paint dapat dibeli di sejumlah dealer atau toko onderdil otomotif. Cara memakainya tak sulit, kita cukup mengoleskan cat tadi ke permukaan bodi mobil yang lecet. Bersihkan lebih dulu permukaan cat memakai tisu lembut hingga betul-betul bersih.

Kocok botol touch-up paint sebentar kemudian cat permukaan cat mobil yang lecet dengan kuas. Kuaskan touch-up paint cuma di permukaan yang lecet saja dan usahakan tipis-tipis sehingga tak kontras dengan cat asli mobil. Lakukan pengecatan di panas terik matahari supaya lekas kering. Setelah kering, semprotkan cairan Wax dan kemudian gosok-gosok menggunakan kain lembut hingga merata dengan cat aslinya.