Besaran Biaya Fakultas Kedokteran UGM Program Studi S1 Pendidikan Dokter

Biaya Fakultas Kedokteran UGM - Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi fakultas kedokteran pertama yang ada semenjak 5 Maret 1946. Fakultas Kedokteran UGM membawa visi dan misi yang tak dapat dilepaskan dari Visi dan Misi UGM yakni berusaha mewujudkan sebuah pendidikan kedokteran bermutu global, inovatif dan unggul dimana lulusannya akan berguna untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan. Fakultas Kedokteran UGM membawahi program studi tingkat sarjana, pascasarjana (spesialis dan master) serta doktor.

Biaya Fakultas Kedokteran UGM,syarat masuk kedokteran ugm,biaya kuliah,kedokteran ugm,ugm jalur mandiri,ugm per semester,biaya masuk,fakultas kedokteran ugm,pendaftaran fakultas,biaya fakultas,
Baca juga : Estimasi Biaya Haji 2018 dalam Rupiah

Untuk tingkat sarjana FK UGM memiliki program studi : Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan dan Gizi Kesehatan. Untuk Program Pendidikan Sarjana Kedokteran lama sstudi selama 3,5 tahun dengan 156 SKS termasuk skripsi. FK UGM pun mengadakan program internship dengan lama 2 bulan. Program tersebut ditujukan bagi lulusan dokter baru yang memiliki tujuan memberikan kesempatan praktik sebagai dokter di puskesmas atau rumah sakit tipe C atau D. Lulusan program Sarjana Pendidikan Dokter mendapat gelar Sarjana Kedokteran atau disingkat S Ked.

Setiap tahunnya Fakultas Kedokteran UGM membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk semua program studi. Seperti diketahui bersama, biaya kuliah di jurusan kedokteran memang cukup mahal. Sampai lulus bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Sesuai dengan keputusan Rektor UGM, universitas negeri di Yogyakarta ini menetapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk program S1. UKT adalah sistem biaya kuliah yang dibayarkan tiap mahasiswa menurut kemampuan ekonomi keluarga mereka. UKT tersebut mencakup biaya mahasiswa dalam 1 semester yang artinya tak ada lagi iuran lain yang dikenakan. UKT dibagi dalam 6 kelompok dimana setiap mahasiswa akan dikategorikan menurut jumlah penghasilan kotor orang tua dan juga penghasilan tambahan bila ada.

Setelah dikelompokkan maka tiap mahasiswa baru UGM diharuskan membayar biaya kuliah berdasarkan jumlah yang ditentukan. Semua program studi S1 UGM menerapkan sistem UKT ini termasuk mahasiswa Fakultas Kedokteran. UKT untuk program studi Pendidikan Dokter pun dibagi menjadi 6 kelompok. Biaya Fakultas Kedokteran UGM untuk setiap semesternya dikelompokkan :

  • UKT kategori 1 Rp 500.000
  • UKT kategori 2 Rp 1.000.000
  • UKT kategori 3 Rp 7.250.000
  • UKT kategori 4 Rp 10.875.000
  • UKT kategori 5 Rp 14.500.000
  • UKT kategori 6 Rp 22.500.000

Biaya Fakultas Kedokteran UGM berdasarkan UKT di atas dibayarkan per semester. Sehingga jika mahasiswa Pendidikan Dokter menjalani masa kuliah 8 semester dan masa CoAs selama 4 semester, totalnya tinggal dikalikan jumlah semester yang ditempuh. Jika dihitung jumlah tertinggi dikalikan 12 semester sampai wisuda akan dibutuhkan biaya Rp.270 juta.