Berapa Biaya Modif Cafe Racer?

Biaya Modif Cafe Racer - Merebaknya sepeda motor laki yang mengusung gaya retro kini seakan menyihir kalangan anak muda. Desain minimalis yang disuguhkan motor retro malah menegaskan aura jantan. Berbagai gaya seperti scrambler, cafe racer dan bobber mampu mendongkrak harga. Malah untuk tipe motor tertentu banderolnya dapat menembus angka ratusan juta Rupiah. Salah satu tren saat ini adalah Cafe Racer. Biaya modif Cafe Racer sebenarnya bervariasi tergantung part mana saja yang hendak dirubah.

Biaya Modif Cafe Racer,modifikasi cafe racer,biaya modif,cafe racer murah,jasa modif cafe racer,modif cafe racer tiger,modif cafe racer thunder,modif motor,cafe racer style,cb 100 cafe racer,
Baca juga : Rincian Biaya Kuliah di ITB

Merunut sejarahnya, cafe racer merupakan aliran modifikasi motor yang muncul di negara Inggris sekitar tahun 1960. Konon ada grup band dimana para personilnya hobi mengendarai motor dari kafe satu ke lokasi kafe yang lain. Sehingga mereka menginginkan tipe motor cepat yang mampu tembus hingga 100 mile/jam atau kurang lebih 160 km/jam. Basic motor yang digunakan kebanyakan adalah merek Triumph, BSA dan Norton. Kerapkali dari ketiga merek tersebut dilakukan kanibal pada beberapa komponen yang dinilai bagus. Hasilnya adalah sebuah tunggangan dengan model unik namun performanya sangat buas.

Namun saat ini, para penggemar aliran cafe racer banyak menggunakan motor merek Jepang tipe lawas. Beberapa tipe motor yang cocok dimodif beraliran Cafe Racer yaitu : Honda GL 100, Honda CB250, Suzuki Thunder 250, Yamaha Scorpio 225 dan Honda CB 650. Dan sebagai ancar-ancar untuk ubahan secara lengkap, biaya modif cafe racer bisa mencapai Rp.15 juta. Berikut perkiraan biaya modif Cafe Racer dengan bahan motor sport Yamaha Scorpio :

- Pembuatan bodi dan pengecatan Rp.5 juta
- Sepasang velg ukuran 3.0 - 4.50 x 17 seharga Rp.1,65 juta
- Suspensi depan Rp.2,5 juta
- Monoshock Rp.750 ribu
- Handel rem Rp.165 ribu
- Cakram set belakang Rp.350 ribu
- Footstep underbone Rp.450 ribu
- Disk brake depan dua buah Rp.880 ribu
- Kaliper depan dua buah Rp.300 ribu
- Knalpot R9 Rp.1,24 juta
- Stang jepit Rp.330 ribu
- Swing arm Rp.390 ribu

Sehingga total semua part yang dibeli sebesar Rp.14 jutaan. Untuk proses pengerjaan sepenuhnya diserahkan ke bengkel custom yang memang sudah berpengalaman untuk itu. Untuk pembelian part dan aksesoris pun sebaiknya diserahkan ke pihak bengkel sehingga tak akan terjadi salah beli. Pada proses pengerjaan, komponen-komponen orisinil motor bahan biasanya tidak ada yang dipakai selain mesin dan sasis. Karena dari bodi, tangki ataupun kaki-kaki semuanya dimodif untuk menciptakan model yang sesuai gaya Cafe Racer.