Tahapan dan Biaya Akpol (Akademi Kepolisian) 2018

Biaya Akpol (Akademi Kepolisian) - Tahapan pendaftaran Akpol (Akademi Kepolisian) sudah pasti tak dikenakan biaya sedikitpun. Keseluruhan proses mulai awal sampai dinyatakan diterima dilakukan dengan asas 'Bersih - Transparan - Akuntabel - Humanis (Betah). Para pendaftar wajib waspada dan tak gampang mempercayai seseorang atau lembaga yang menawarkan kepastian diterima dengan syarat membayar uang sejumlah tertentu yang kadang hingga puluhan juta. Biaya Akpol yang gratis ini bisa diklarifikasi ke panitia pendaftaran di Mapolres setempat.

Biaya Akpol,persyaratan masuk akpol,biaya masuk akpol,pendidikan akpol,tempat pendidikan akpol,syarat masuk akpol,masuk akpol,syarat kesehatan masuk akpol,video pendidikan akpol,
Baca juga : Biaya Ganti LCD iPhone 5 Saat Ini

Saat ini teknologi informasi sudah begitu majunya, oleh karena itu siapa saja dapat mencari informasi yang benar mengenai syarat-syarat mendaftar sebagai taruna dan taruni Akpol. Akademi Kepolisian memang masih menjadi salah satu pilihan utama para lulusan SMA dan sederajat bisa mengabdi untuk negara. Tak heran jika setiap tahunnya jumlah pendaftar mencapai ribuan orang meski kuota yang tersedia cuma sekitar 300 orang. Adapun syarat-syarat umum pendaftaran taruna Akpol adalah sebagai berikut :

- Warga Negara Indonesia baik laki-laki (taruna) ataupun perempuan (taruni).
- Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
- Pendidikan terendah SMU atau sederajat.
- Umur setidaknya 18 tahun ketika dilantik sebagai anggota Polri.
- Sehat jasmani dan rohani dengan dibuktikan dengan surat keterangan sehat yang dikeluarkan institusi kesehatan.
- Tak pernah dipidana disebabkan berbuat kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres setempat.
- Berwibawa, jujur, adil dan perilaku terpuji.
- Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

Langkah pertama yaitu melakukan pendaftaran online di website resmi Polri di http://www.penerimaan.polri.go.id/. Pendaftaran online ini dengan mengisi form registrasi secara lengkap. Berikutnya seluruh form registrasi yang sudah dilengkapi tadi dicetak untuk disertakan bersama berkas-berkas pendaftaran yang lain dan diserahkan ke Mapolres setempat yang ditunjuk untuk dilakukan verifikasi. Bersamaan dengan penyerahan berkas-berkas tadi juga dilakukan pengukuran tinggi badan. Syarat minimal tinggi badan adalah 163 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita. Setelah dinyatakan memenuhi syarat baik berkas maupun tinggi badan dan dinyatakan lulus verifikasi maka akan diberikan kartu tes. Kartu tes ini akan digunakan untuk tahap seleksi berikutnya yang berlaku sistem gugur untuk setiap tahapnya. Dalam tahap ini dan tahap selanjutnya tak ada uang yang dipungut, biaya Akpol adalah gratis sebab tahap seleksi seluruhnya dibiayai uang negara.

Secara lengkap tahap-tahap seleksi masuk Akpol mulai dari tingkat panitia daerah (panda) hingga tingkat pusat adalah sebagai berikut :

- Pengecekan administrasi awal
- Pengecekan kesehatan tahap I
- Tes psikologi tertulis
- Tes akademik yang terdiri dari : Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Matematika (IPA dan IPS)
- Pengecekan kesehatan tahap II (mencakup juga Keswa)
- Tes kesamaptaan jasmani dan antropometri
- Pendalaman PMK
- Pengecekan Administrasi Akhir
- Sidang terbuka kelulusan tingkat panda

Selanjutnya bagi yang lolos tingkat panda harus menjalani pemeriksaan tingkat Panpus menerapkan sistem gugur :

- Pengecekan Administrasi
- Pengecekan Kesehatan
- Pengecekan Psikologi Wawancara dan Pendalaman PMK
- Pengujian Jasmani dan Antropometri
- Tes TPA dan TOEFL (sistem ranking)
- Pengecekan penampilan
- Sidang terbuka kelulusan tingkat akhir pusat.