Biaya Fakultas Kedokteran Unpad 2017/2018

Biaya Fakultas Kedokteran Unpad - Unpad atau Universitas Padjajaran termasuk dalam jajaran universitas negeri kenamaan di Indonesia. Universitas ini dibuka pertama kali 11 September 1957 yang terletak di Bandung. Sebagaimana universitas negeri lain, Unpad pun membawahi sejumlah fakultas dimana salah satunya adalah Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran Unpad memiliki gedung perkuliahan di Jalan Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor serta di Jalan Eyckman No. 38, Bandung.

Biaya Fakultas Kedokteran Unpad,syarat masuk fakultas,fakultas kedokteran unpad,fakultas kedokteran,biaya kuliah kedokteran,kedokteran unpad,pendaftaran fakultas,biaya kuliah kedokteran,info biaya,
Baca juga : Info Biaya Itenas 2018 Semua Jurusan

Fakultas Kedokteran Unpad membuka program studi dari D3 sampai S3. Program studi tersebut terdiri dari : D3 Kebidanan, D4 Kebidanan, Sarjana Kedokteran, Sarjana Kedokteran Hewan, Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Twinning dan Pendidikan Profesi Dokter. Sedangkan program spesialis diantaranya Ilmu Bedah, Ilmu Bedah Saraf,  Anestesiologi dan Terapi Intensif,  Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kesehatan Jiwa, serta Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik. Untuk program S2 terdiri dari : Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Kebidanan, serta program S3 (Doktoral) Ilmu Kedokteran.

Mengenai biaya Fakultas Kedokteran Unpad untuk tahun perkuliahan 2017/2018 ini, pihak universitas tak membebankan biaya pendidikan sepeserpun kepada para mahasiswa baru khususnya program studi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis. Langkah ini bertujuan mencukupi kebutuhan dokter dan dokter spesialis di sejumlah daerah di Jawa Barat yang masih kurang. Sekarang ini dokter dan dokter spesialis yang ada kebanyakan hanya praktek di beberapa kota besar. Sebab itu Unpad lantas bertekad untuk mensuplai kebutuhan dokter dan dokter spesialis melalui program kuliah gratis ini.

Untuk tahun akademik 2017/2018 ini Fakultas Kedokteran Unpad menyediakan alokasi untuk 250 mahasiswa baru. Dari jumlah tersebut separuhnya berasal dari jalur SNMPTN sementara separuhnya lagi dari jalur SBMPTN. Keseluruhan 250 mahasiswa baru tadi akan diberikan beasiswa dari pemerintah daerah kota/kabupaten seluruh propinsi Jawa Barat serta dari instansi swasta. Syarat utama ditentukan pihak Unpad untuk penerima beasiswa Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis ini yakni bersedia mengabdi di daerah atau instansi yang sudah ditentukan. Bila tak mau maka pihak Unpad akan menahan ijazah mahasiswa itu.

Biaya Fakultas Kedokteran Unpad reguler sendiri menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Dimana macam biaya semisal uang gedung, uang SPP, biaya almamater, biaya praktikum serta biaya pokok penunjang yang lain dijumlahkan menjadi satu dan kemudian dibagi 8 semester. Biaya Fakultas Kedokteran Unpad sistem UKT berkisar Rp.500 ribu sampai Rp.13 juta setiap semester, dimana unit cost hingga Rp.24.179.000/semester.