Kisaran Biaya Sekolah Paket C Setara SMA

Biaya Sekolah Paket C - Kejar (Kelompok Belajar) Paket C setara dengan bersekolah tingkat SMA. Kejar Paket C diluncurkan oleh pihak Depdiknas untuk mengatasi persoalan pendidikan non-formal untuk mereka dengan keterbatasan jam belajar bila dilakukan di pendidikan  formal. Kejar Paket C pun mengakomodasi para putus sekolah, konsentrasi belajar, drop out  dan homeschooling. Pada Kejar Paket C ini para peserta akan menjalani Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) yang nantinya bagi yang lulus akan mendapatkan ijazah resmi. Ijazah Kejar Paket C bisa dipakai untuk meneruskan Ke universitas negeri atau swasta atau juga melamar pekerjaan.

Biaya Sekolah Paket C,biaya paket c,biaya paket b,biaya kejar paket b,ijazah paket c,kejar paket c,biaya kejar paket c,biaya sekolah,paket c,kejar paket,
Baca juga : Memahami Rumus Biaya Produksi dalam Suatu Usaha

Setiap peserta diharuskan lebih dulu mengikuti kegiatan belajar-mengajar yang diadakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Program Kejar Paket C memiliki 2 jurusan yaitu IPA dan IPS. Bagi mereka yang berminat, bisa segera mendaftarkan diri di lembaga PKBM terdekat. Biasanya proses belajar-mengajar di PKBM dilakukan tiap Sabtu dan Minggu. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program Kejar Paket C adalah :

- Melengkapi form pendaftaran yang diberikan.
- Fotokopi Ijazah SMP sebanyak 5 lbr.   
- Pasfoto ukuran 2×3cm sebanyak 3 lbr dan ukuran 3×4cm sebanyak 7 lbr. Foto menggunakan kemeja putih polos dengan latar belakang merah.
- Melunasi uang pendaftaran dan biaya sekolah Paket C sesuai ketentuan dari PKBM
- Umur peserta tanpa batasan namun paling muda harus lebih dari 12 tahun

Untuk para peserta yang tak sempat mengikuti proses belajar-mengajar disebabkan berbagai hal maka pihak PKBM akan memberikan paket modul atau ringkasan bahan pembelajaran sekaligus menandatangani kontrak belajar mandiri. Ketentuannya adalah jam belajar mandiri sebanyak 50 % kemudian tutorial sebanyak 30 %  dan klasikal sebanyak 20 %. Ujian diselenggarakan setahun dua kali. Untuk gelombang I dilangsungkan pada bulan April dimana para peserta yang ingin mengikuti harus terdaftar menjadi peserta Paket C paling lambat bulan Januari. Sementara ujian gelombang II dilaksanakan bulan Juli dan peserta harus terdaftar menjadi peserta Paket C paling lambat bulan April.

Program belajar-mengajar yang satu ini diadakan oleh PKBM sebagai sebuah lembaga swasta. Karenanya besaran biaya sekolah Paket C akan berbeda antar PKBM. Tapi untuk patokan secara umum, salah satu PKBM yang membuka layanan di wilayah Jakarta mengenakan biaya Rp.3 juta sebagai biaya Kejar Paket C kelas IPS dan untuk Kejar Paket C kelas IPA sebesar Rp.4 juta. Biaya sekolah Paket C apabila peserta tak lulus ujian dan ingin mengulang maka hanya akan dikenakan biaya kurang-lebih sebesar Rp.2,5 juta.